Sunday, 6 March 2016

bisnis plan susu kambing etawa





              BISNIS PLAN      
USAHA SUSU KAMBING ETAWA


A.     BAB 1
DISKRIPSI BISNIS”
1.    Nama               : Goat’s Mil
Alamat usaha          : Ds.Hadipolo Rt.05/03
2.    Nama pemilik  : Muhammad Sholikhin
Alamat             : Ds.hadipolo jekulo kudus
Hp                   : 085727001445
3.    Bidang                        : Produksi
Bentuk Usaha : Usaha kecil menengah
4.    Latar belakang pendirian
Usaha pembuatan susu kabing etawa ini dipilih karena susu tersebut dikenal sebagai minuman yang bergizi tinggi, minuman yang merupakan hasil kambing  yang didalamnya terdapat kandungan protein yang tinggi disamping itu terdapat kandungan lemak, kabohidrat, kalsium, phospor, zat besi, vitamin B kompleks (kecuali B12), provitamin A dan air. Susunan asam amino hampir sama dengan susu sapi.
Oleh karena itu, prospek usaha pengolahan susu kambing etawa sekarang ini sangat menjanjikan. Kandungan gizi yang terkandung didalamnya memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan manusia, selain itu susu kambing etawa juga berkhasiat menambah stamina, dan menyehatkan tubuh. Jenis Produk    : Susu kambing etawa
Nama Produk  : Goat’s Milk
Nama Usaha    : Jaya Milk
5.    Keunggulan Produk
a.       Memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia

b.      Harga jual yang terjangkau dapat dibeli oleh siapapun dari golongan yang kaya sampai menengah kebawah
c.       Minuman yang dapat diminum oleh siapa saja dari yang tua hingga balita.

                      BAB II
“ Lingkungan Bisnis “
1.    Lingkungan Ekonomi
Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki kepuasan yang tinggi dan menjaga kesehatan tubuh.
2.    Lingkungan Industri
Melihat situasi ditempat yang akan dimasuki produk, seperti produk susu kambing etawa ini akan laku dipasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau. Selain itu pesaing yang akan menyaingi produk ini tampaknya belum ada di super market terdekat.

3.    Lingkungan Global
Untuk meningkatkan usaha susu kambing etawa ini kami akan melakukan inovasi-inovasi yang meningkatkan usaha susu kami dan meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk kami. Sehingga produk kami dapat bersaing dengan produk susu lainnya.
 BAB III
Analisis Pasar  “
a. Segmenting
                        Produk kami membidik semua kalangan masyarakat secara umum atau pecinta berbagai macam susu dapat menjadi suatu minuman yang menyehatkan diminum sehari-hari.
            b. Targeting
                        Pangsa produk ini adalah semua kalangan masyarakat dengan kuwalitas kambing-kambing yang sehat dan berkualitas serta harga yang terjangkau.
    c. Positioning
                        Dengan positioning yang kuat maka akan meningkatkan produk tersebut untuk susu kambing etawa kami memposisikan kambing sebagai penghasil bahan utamanya.
1.    Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah susu kambing. Susu kambing yang telah diproduksi akan di pasarkan dalam kemasan yang berukuran plastik ½ Kg. Pada plastik akan disablon dengan label susu kambing etawaGoat’s Milk”. Produk yang dihasilkan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan kualitas yang tinggi. Sudah diketahui bahwa produk yang terbuat dari kambing  ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh sehingga menyehatkan.
,



2.    Price ( harga)
Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya-biaya lain dan trand yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola harganya pun bisa di naikkan dari standar harga normal (misal pada saat cuaca panas atau ketika bulan puasa kemungkinan produk ini akan banjir konsumen).
Adapun rencana harga jual dari produk susu kambing etawa ini adalah Rp. 20.000 @ukuran ½ Kg.
3.    Promotion (Promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat stretegis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan  media internet sebagai sarana bisnis.
4. Pembauran
l  Dengan mulut ke mulut
l  Dengan memasang pamflet-pamflet
l  Dengan menggunakan brosure
l  Dengan menggunakan media internet


BAB IV
“ Rencana Strategi
  Metode pemasaran susu kambing etawa “Jaya milk ” ini adalah dengan menyebarkan brosur-brosur pada masyarakat pada permulaan, dengan membuat para konsumen puas terhadap sajian produk dan pelayanan prima yang disuguhkan akan mampu membuat mereka menyebarkan ke orang lain ( dari mulut ke mulut).
            Sasaran produk susu kambing etawa ini utamanya adalah masyarakat sekitar dari yang muda sampai yang tua.
 BAB V
“ Renacana Produksi
1.    Bahan Baku
Bahan baku dalam pembuatan susu kambing etawa ini dibutuhkan 20 kandang, 20 kambing etawa.
Peralatan yang digunakan
a.       Ember
b.      Cangkul
c.       Sabit
d.      Tali tambang
2.    Proses produksi
a.       Bahan                    :
·           Susu kambing etawa
b.      Cara pembuatan    :
1.        Kambing etawa diperah setiap pagi.
2.        Susu lalu di rebus hingga mendidih, campur dengan berbagi macam rasa yang di inginkan para konsumen. Seperti rasa: coklat, stobery, vanilla.
3.        Setelah dingin susu kambing etawa yang sudah mengalami beberapa proses atau langkah-langkah maka kemasan siap dipasarkan.



3.    Rencana produksi
Proses produksi yang dilakukan secara terus menerus sampai jumlah tertentu dalam sehari usaha ini mampu menghasilkan 20 bungkus susu kambing etawa.



   BAB VI
      “Rencana SDM”
1.    Struktur organisasi
a.       Pemimpin
b.      Bagian produksi
c.       Bagian pemasaran
2.    Rencana proses SDM
a.       Bagian produksi ada 2 orang
b.      Bagian distribusi ada 2 orang


1.       
 
No
Nama Barang
Harga satuan
Jumlah Barang
Total Harga
Penyusutan Dalam 1 Tahun
1
Ember
5000
10
50000
5000
2
Cangkul
40000
2
80000
8000
3
Sabit
40000
1
40000
5000
4
Tali tambang
25000
1
25000
15000
5
Kompor
50000
3
150000
15000
6
Panci
40000
3
120000
15000
Total Harga Sebelum Penyusutan

465000
63000
Total harga sesudah penyusutan


374000











E.     BAB VII
F.      “Rencana Keuangan”
a.     Pendapatan
40 bungkus susu kambing etawa dalam satu hari @20000 = Rp. 800.000,00


Jaya Milk
Neraca Saldo
Per 31 Desember 2013

No
Akun
Debet
Kredit
1
Kas
17000000

2
Perlengkapan
1.450.000

3
Peralatan
374.000

4
Biaya Gaji
1.200.000

5
Bahan baku
10.000000

6



7



8
Pendapatan

24000000
9
Modal

10000000
10
Biaya Listrik
120000

11



12
Biaya Transpot
250000



28519000
34000000













                                            Jaya Milk
Laporan Laba Rugi
Per 31 Desember 2013

Pendapatan                                                     Rp. 240.000.000
B.Gaji                          Rp.   1.200.000
B.Sewa                        Rp.    500.000
B.Listrik                      Rp.      120.000
B.Bahan Baku             Rp.    40.000.000
B.Transport                 Rp.      250.000 +
            Total                Rp. 42.070.000
Laba Bersih                                                     Rp.   197.930.000

Jaya Milk
Laporan Perubagan Modal
Per 31 Desember 2013

Modal awal 1 Jan 2013           Rp. 1.000.000
Laba Bersih                             Rp.    935.000 +
Modal akhir 31 Des                Rp. 1.935.000

Jaya Milk
Neraca
Per 31 Desember 2013
 


Aktiva                                                 Pasiva
Kas                  Rp. 2.000.000             Utang Bank                 Rp.    260.000
Peralatan         Rp.    374.000             Utang Usaha               Rp.    294.000
Perlengkapan   Rp.    115.000             Total Utang                 Rp.    554.000
                        Rp. 2.489.000             Modal akhir                 Rp. 1.935.000

                                                                                                Rp. 2.489.000

0 comments:

Post a Comment

Komentar