BISNIS PLAN
USAHA
SUSU KAMBING ETAWA
A.
BAB
1
“DISKRIPSI
BISNIS”
1. Nama : Goat’s Mil
Alamat usaha : Ds.Hadipolo Rt.05/03
2. Nama
pemilik : Muhammad Sholikhin
Alamat :
Ds.hadipolo jekulo kudus
Hp :
085727001445
3. Bidang : Produksi
Bentuk Usaha : Usaha kecil menengah
4. Latar
belakang pendirian
Usaha pembuatan susu kabing etawa ini dipilih
karena susu tersebut
dikenal sebagai minuman yang bergizi tinggi, minuman yang merupakan hasil kambing yang didalamnya terdapat kandungan protein
yang tinggi disamping itu terdapat kandungan lemak, kabohidrat, kalsium,
phospor, zat besi, vitamin B kompleks (kecuali B12), provitamin A dan air.
Susunan asam amino hampir sama dengan susu sapi.
Oleh karena itu, prospek
usaha pengolahan susu
kambing etawa sekarang ini sangat menjanjikan.
Kandungan gizi yang terkandung didalamnya memiliki kandungan gizi yang
dibutuhkan manusia, selain itu
susu kambing etawa juga berkhasiat menambah stamina, dan menyehatkan tubuh. Jenis
Produk : Susu kambing etawa
Nama Produk : Goat’s Milk
Nama Usaha : Jaya Milk
5. Keunggulan
Produk
a. Memiliki
kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia
b. Harga
jual yang terjangkau dapat dibeli oleh siapapun dari golongan yang kaya sampai
menengah kebawah
c. Minuman
yang dapat diminum oleh siapa saja dari yang tua hingga balita.
BAB
II
“
Lingkungan Bisnis “
1. Lingkungan
Ekonomi
Produk ini dapat
dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta
memiliki kepuasan yang tinggi
dan menjaga kesehatan tubuh.
2. Lingkungan
Industri
Melihat situasi ditempat
yang akan dimasuki produk, seperti produk susu kambing etawa ini akan laku
dipasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau. Selain itu pesaing yang akan menyaingi produk ini
tampaknya belum ada di super
market terdekat.
3. Lingkungan
Global
Untuk
meningkatkan usaha susu kambing etawa ini kami akan melakukan inovasi-inovasi
yang meningkatkan usaha susu kami dan meningkatkan daya beli masyarakat
terhadap produk kami. Sehingga produk kami dapat bersaing dengan produk susu
lainnya.
BAB
III
“
Analisis Pasar “
a. Segmenting
Produk kami
membidik semua kalangan masyarakat secara umum atau pecinta berbagai macam susu
dapat menjadi suatu minuman yang menyehatkan diminum sehari-hari.
b. Targeting
Pangsa
produk ini adalah semua kalangan masyarakat dengan kuwalitas kambing-kambing
yang sehat dan berkualitas serta harga yang terjangkau.
c. Positioning
Dengan
positioning yang kuat maka akan meningkatkan produk tersebut untuk susu kambing
etawa kami memposisikan kambing sebagai penghasil bahan utamanya.
1. Product
(produk)
Produk yang
direncanakan untuk diproduksi adalah susu kambing. Susu kambing yang telah diproduksi
akan di pasarkan dalam kemasan yang berukuran plastik ½ Kg. Pada plastik akan
disablon dengan label susu kambing
etawa “Goat’s
Milk”. Produk yang dihasilkan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh
dan kualitas yang
tinggi. Sudah diketahui bahwa produk yang terbuat dari kambing ini
memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh sehingga menyehatkan.
,
2. Price
( harga)
Penentuan harga jual
dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya-biaya lain dan
trand yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola harganya pun bisa di naikkan dari standar
harga normal (misal pada saat cuaca panas atau ketika bulan puasa kemungkinan
produk ini akan banjir konsumen).
Adapun rencana harga
jual dari produk susu kambing etawa ini adalah Rp. 20.000 @ukuran ½ Kg.
3. Promotion
(Promosi)
Promosi akan dilakukan
untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan
menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat stretegis lainnya.
Selain itu juga akan memanfaatkan media
internet sebagai sarana bisnis.
4. Pembauran
l Dengan mulut ke mulut
l Dengan memasang pamflet-pamflet
l Dengan menggunakan brosure
l Dengan menggunakan media internet
BAB
IV
“
Rencana Strategi “
Metode pemasaran susu kambing etawa “Jaya milk ” ini adalah dengan
menyebarkan brosur-brosur pada masyarakat pada permulaan, dengan membuat para
konsumen puas terhadap sajian produk dan pelayanan prima yang disuguhkan akan
mampu membuat mereka menyebarkan ke orang lain ( dari mulut ke mulut).
Sasaran produk susu kambing etawa ini utamanya
adalah
masyarakat sekitar dari yang
muda sampai yang tua.
BAB
V
“
Renacana Produksi “
1. Bahan
Baku
Bahan baku dalam
pembuatan susu kambing
etawa ini dibutuhkan
20 kandang, 20 kambing etawa.
Peralatan yang
digunakan
a. Ember
b. Cangkul
c. Sabit
d. Tali tambang
2. Proses
produksi
a. Bahan
:
·
Susu
kambing etawa
b. Cara
pembuatan :
1.
Kambing
etawa diperah setiap pagi.
2.
Susu
lalu di rebus hingga mendidih, campur dengan berbagi macam rasa yang di
inginkan para konsumen. Seperti rasa: coklat, stobery, vanilla.
3.
Setelah dingin susu kambing etawa yang sudah
mengalami beberapa proses atau langkah-langkah maka kemasan siap dipasarkan.
3. Rencana
produksi
Proses produksi yang
dilakukan secara terus menerus sampai jumlah tertentu dalam sehari usaha ini
mampu menghasilkan 20
bungkus susu kambing etawa.
BAB VI
“Rencana
SDM”
1. Struktur
organisasi
a. Pemimpin
b. Bagian
produksi
c. Bagian
pemasaran
2. Rencana
proses SDM
a. Bagian
produksi ada 2
orang
b. Bagian
distribusi
ada 2
orang
No
|
Nama Barang
|
Harga satuan
|
Jumlah Barang
|
Total Harga
|
Penyusutan Dalam 1 Tahun
|
|||
1
|
Ember
|
5000
|
10
|
50000
|
5000
|
|||
2
|
Cangkul
|
40000
|
2
|
80000
|
8000
|
|||
3
|
Sabit
|
40000
|
1
|
40000
|
5000
|
|||
4
|
Tali tambang
|
25000
|
1
|
25000
|
15000
|
|||
5
|
Kompor
|
50000
|
3
|
150000
|
15000
|
|||
6
|
Panci
|
40000
|
3
|
120000
|
15000
|
|||
Total Harga Sebelum Penyusutan
|
|
465000
|
63000
|
|||||
Total harga sesudah penyusutan
|
|
|
374000
|
E.
BAB
VII
F.
“Rencana Keuangan”
a. Pendapatan
40
bungkus susu kambing etawa
dalam satu hari @20000 = Rp. 800.000,00
Jaya Milk
Neraca
Saldo
Per
31 Desember 2013
No
|
Akun
|
Debet
|
Kredit
|
|
1
|
Kas
|
17000000
|
|
|
2
|
Perlengkapan
|
1.450.000
|
|
|
3
|
Peralatan
|
374.000
|
|
|
4
|
Biaya Gaji
|
1.200.000
|
|
|
5
|
Bahan baku
|
10.000000
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
Pendapatan
|
|
24000000
|
|
9
|
Modal
|
|
10000000
|
|
10
|
Biaya Listrik
|
120000
|
|
|
11
|
|
|
|
|
12
|
Biaya Transpot
|
250000
|
|
|
|
|
28519000
|
34000000
|
Jaya Milk
Laporan
Laba Rugi
Per
31 Desember 2013
Pendapatan Rp.
240.000.000
B.Gaji Rp. 1.200.000
B.Sewa Rp. 500.000
B.Listrik Rp. 120.000
B.Bahan
Baku Rp. 40.000.000
B.Transport Rp. 250.000 +
Total Rp. 42.070.000
Laba
Bersih Rp. 197.930.000
Jaya Milk
Laporan
Perubagan Modal
Per
31 Desember 2013
Modal
awal 1 Jan 2013 Rp. 1.000.000
Laba
Bersih Rp. 935.000 +
Modal
akhir 31 Des Rp. 1.935.000
Jaya Milk
Neraca
Per
31 Desember 2013
![]() |
Aktiva Pasiva
Kas Rp. 2.000.000 Utang Bank Rp. 260.000
Peralatan Rp.
374.000 Utang Usaha Rp. 294.000
Perlengkapan Rp.
115.000 Total Utang Rp. 554.000
Rp. 2.489.000 Modal akhir Rp. 1.935.000
Rp.
2.489.000
0 comments:
Post a Comment