Bisnis
Plan
ASYFA
BROWNIES
Makanan
olahan pisang mungkin hanya itu – itu saja, tetapi saat ini pisang tidak hanya
dijadikan sebagai makanan pencuci mulut setelah makan, melainkan menjadi olahan
brownies yang banyak digemari masyarakat Indonesia terutama dalam perjalanan jauh maupun dekat.
1.
Lokasi
Pendirian Usaha
Brownies
pisang ini didirikan di Jl. Pati-Gembong KM 5, tapatnya di dekat kawasan pasar
gembong. Lokasi ini sangat strategis dan jangkauanya yang mudah dari semua
tempat. Selain itu, pembeli juga dapat melihat secara langsung bagaimana proses
pembuatan brownies dan juga dapat memesanya secara langsung dengan harga yang
sangat terjangkau dan sesuai kantong masyarakat kalangan mengengah ke bawah.
Faktor-faktor yang membuat saya memilih lokasi ini adalah:
Ø Lokasi mudah dijangkau oleh konsumen
Ø Tersedianya fasilitas listrik, air dan telepon
Ø Lokasi depan fasilitas umum (Jalan Raya)
2.
Data Usaha
Nama Pemilik
|
Safa’atun
|
No.Hp
|
085865734392
|
Alamat
|
Gembong
|
Bidang Usaha
|
Manufaktur
|
Bentuk Usaha
|
Perusahaan Perorangan (Po)
|
Nama Produk
|
Brownies Pisang Leugit
|
Jenis Produk
|
Makanan
|
3.
Latar Belakang
Pendirian
Usaha yang
dijalankan berupa usaha toko yang bergerak dalam bidang makanan,
khususnya kue. Pada dasarnya, didaerah gembong terdapat banyak buah pisang dan
masyarakatnya hanya mengolahnya untuk digoreng atau direbus. Padahal banyak
sekali olahan yang bisa dibuat dari pisang, seperti brownies, es krim, sale dan
masih banyak lagi olahan yang lain. Pisang sendiri merupakan makanan yang banyak di gemari
semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua juga gemar
makan pisang. Saat ini , banyak sekali jenis olahan yang terbuat dari pisang
supaya konsumen bisa merasakan cita rasa baru yang terbuat dari aneka olahan
pisang. Salah satu olahan yang terkenal dari pisang adalah brownies pisang,
brownies pisang memiliki cita rasa yang manis dan lembut di mulut ketika
dimakan. Dengan adanya jenis olahan berupa brownies pisang, membuat konsumen
merasa tertarik dengan adanya inovasi baru dari pisang.
4.
Keunggulan
produk
Keunggulan
kompetitif produk kami dibanding yang lainya adalah:
Ø Inovasi yang baru dari produk seperti warna, bentuk dan komposisi
dari produk itu sendiri
Ø Konsumen dapt memilih warna dan rasa brownis sesuai dengan selera
mereka
Ø Harga terjangkau dan sesuai kondisi ekonomi masyarakat
Ø Lokasi yang sartegis karena usaha didirikan di tempat yang dekat
dengan pusat perbelanjaan dan juga dekat dengan waduk gembong
Ø Tersedia layanan pemesanan lewat telepon dan delivery service
dengan ongkos pengiriman ditanggung konsumen
Ø Tidak kompetitor yang menjual produk yang sama dilokasi usaha yang
dijalankan
I.
Analisis
Lingkungan Bisnis
1.
Lingkungan
Ekonomi
Melihat
banyaknya konsumen brownies pisang, produsen berencana akan menjangkau semua
kalangat masyarkat, sehingga tak hanya kalangan menengah ke atas saja yang
dapat menikmati sensasi manisnya brownies ini tetapi juga masyarakat bawah.
Untuk itu, brownies pisang ini mematok harga yang relatif murah agar brownies
ini dapat berkembang secara pesat dan digemari banyak masyarakat luas.
2.
Lingkungan
Industri
Banyaknya
usaha kue di Gembong yang bervariatif dan sudah mempunyai tempat pemasaran
tersendiri, ini adalah kekuatan dari para pesaing. Sedangkan untuk kelemahanya adalah usaha pesaing sudah terlalu banyak yang
sejenis dengan usaha mereka. Sehingga bisnis kue brownies saya yang tergolong
baru dan belum ada pesaing yang sejenis menjadikan kekuatan bagi bisnis saya.
3.
Lingkungan
Global
Bisnis
ini tidak terlalu berisiko atau berpengaruh begitu besar pada lingkungan global,
itu dikarenakan bisnis ini hanya terfokus pada lingkungan desa dan pasar saja.
II.
Analisis Pasar
1.
Segmentasi
Pasar
Segmen
pasar Toko Brownies Pisang LeUgit ini adalah untuk semua masyarakat luas, mulai
dari anak-anak hingga orang tua. Baik itu masyarakat yang bertempat tinggal di
daerah itu sendiri ataupun para pelancong yang datang dari berbagai luar kota.
Berikut spesifikasi dari segmentasi “ Toko Brownies Pisang Leugit”:
Ø Profesi: Pelajar, PNS, Wiraswasta, Swasta dan Mahasisiwa.
Ø Kelas Sosial: Semua kelas sosial ( bawah, menengah dan kalangan
atas).
Ø Geografis: Banyaknya orang yang melewati jalan sekitar waduk dan
jalan raya Pati-Gembong dan juga para
pengunjung pasar Gembong.
2.
Profil Konsumen
Rencana
dan target pemasaran dari usaha kuliner “Brownies Pisang Leugit” adalah
konsumen kelas bawah, menengah dan untuk semua umur, seperti mahasiswa,
pelajar, masyarakat umum sekitar Gembong.
3.
Posisi Produk
“Toko
Brownies Pisang leugit” menawarkan menu olahan dari pisang berupa brownies yang
lezat, manis dan gurih. Bahkan memiliki cita rasa yang
khas
dibandingkan dengan brownies dari toko lain meskipun dengan olahan yang sama.
Seperti brownies yang di bandrol dengan harga yang sangat murah akan tetapi
kualitasnya tidak baik. Dilihat dari kualitasnya, brownis olahan kami berani
bersaing dengan produk lain yang memiliki jenis olahan yang sama. Selain itu,
kami juga menawarkan dua oalahan uatam yang menjadi andalan, seperti brownies
dengan isi keju dan coklat.
4.
Strategi
Penentuan Harga
“Toko
Brownies Pisang Leugit”, memberikan harga yang terjangkau dari kalangan
pelajar, mahasiswa hinnga kalangan eksekutif muda. Harga dari brownies yang
dihasilkan dari “toko Brownies Pisang Leugit”, dengan harga:
a.
Untuk brownies
original :
b.
Untuk brownies dengan
varian rasa :
Toko brownies
pisang Leugit menetapkan target laba 100%
berdasarkan fasilitas dan kualitas produk serta saingan yang belum ada
di daerah pendirian tempat usaha tersebut.
5.
Program Promosi
Untuk
memperkenalkan olahan brownies pisang, kami melakukan berbagai cara promosi
seperti berikut ini :
1.
Iklan
(Advertising)
a.
Media
Elektronik : radio, facebook, blog, dan komunitas yang ada dalam internet.
b.
Media Massa :
iklan, majalah, banner dan pamphlet.
2.
Sales Promotion
Kami juga
mengenalkan olahan brownies pisang dalam acara-acara besar atau pameran dengan
mendirikan booth, sehingga banyak konsumen yang tertarik dengan produk yang
ditawarkan.
6.
Strategi
Distribusi
Langkah
uatama yang dilakukan agar produk ini dikenali oleh konsumen yaitu dengan cara
menyebar brosur-brosur yang berisikan promosi olahan brownies yang ditawarkan.
Selain itu Toko Brownies Pisang Leugit merupakan bisnis jasa seperti restoran,
dimana saluran distribusinya adalah lokasi. Lokasi yang potensial merupakan
kunci sukses sebuah perusahaan, karena lokasi inilah yang memudahkan
pelanggan/pengunjung mudah untuk menikmati brownies langsung dari “Toko
Brownies Pisang Leugit”.
III.
Perencanaan
Strategi
Berkaitan
dengan rencana bersaing dengan kompetitor yang memiliki olahan produk yang
sama, kami lebih menekankan pada SDM dan kualitas olahan yang dihasilkan. Untuk
tenaga kerja, kami memilih tenaga kerja yang memiliki ketrampilan kuliner,
khususnya dalam pengolahan makanan yang
berbahan dasar pisang, seperti brownies. Selain itu, kualitas brownies juga
memiliki perhatian yang tak kalah penting dalam proses ini. Jika olahan yang
dihasilkan bagus, maka konsumen akan memiliki kepuasan tersendiri dan juga akan menarik banyak konsumen yang
lain.
IV.
Rencana
Produksi
1.
Jenis Bahan
Baku dan Sumbernya
Jenis
bahan baku yang digunakan adalah berbagai jenis macam pisang yang sudah matang
yang didapatkan dari masyarakat sekitar. Sehingga tidak menyulitkan dalam
mencari bahan bakunya, sebagian besar masyarakat sekitar memiliki kebun pisang
tersendiri sehingga usaha yang saya dirikan tidak kelangkaan bahan baku karena
lokasi usahanya dekat dengan bahan baku.
2.
Proses Produksi
Proses
Produksi
|
Bahan Baku
|
Teknologi
|
Alat
|
Memilih
|
Pisang
|
Tradisional
|
-
|
Mengupas
|
Pisang
|
Tradisional
|
Pisang
|
Pencampuran
Bahan
|
Tepung,
telur, gula, mentega, coklat bubuk, garam, backing powder dan susu kental
manis
|
Tradisional
|
Wadah
besar
|
Pengadonan
|
Pisang
dengan Bahan Pelengkap
|
Modern
|
Alat
pengaduk adonan
|
Pengukusan
|
Adonan
yang sudah jadi
|
Modern
|
Kuali
Pengukus
|
![]() |
Pisa
![]() |
|||
![]() |
![]() |
|||
![]() |
|||

![]() |
|||
![]() |
|||
![]() |

![]() |
|||
![]() |
|||


V.
Rencana SDM
1.
Struktur
Organisasi
Pemilik Toko Brownies Pisang Leugit adalah saya sendiri dengan
dibantu 4 pegawai, 2 pegawai bertugas didapur dan 2 pegawai yang lainya sebagai
pelayan.

![]() |
![]() |
||


Pegawaipp
2.
Proses SDM
Pemilik
usaha “Brownies Pisang leugit” akan melakukan penyeleksian, pemotivasian, dan
pengaturan terhadap sumber daya manusia yang akan bekerja di “Toko Brownies
Pisang Leugit”, dimana sumber daya manusia harus mempunyai kemampuan akan
pengetahuan yang cukup mengenai pembuatan brownies yang akan ditawarkan atau
product knowledge secara mantap, sehingga dapat memberikan pelayanan kapada
konsumen dengan maksimal. Pelayan bertanggung jawab atas kenyamanan konsumen
dan melakukan pelayanan sebaik mungkin demi terciptanya kepuasan konsumen.
VI.
Rencana
Keuangan
Bahan Baku
VII.
JENIS BARANG
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
TOTAL
|
Tepung terigu
|
5 kg
|
Rp. 10.000,-/kg
|
Rp. 50.000,-
|
Gula Halus
|
2,5 kg
|
Rp. 5.000,-/kg
|
Rp. 12.500,-
|
Telur
|
¼ kg
|
Rp. 18.000/kg
|
Rp. 4.500,-
|
Margarin
|
1 bungkus
|
Rp. 4.000/ bungkus
|
Rp. 4.000,-
|
Baking Powder
|
1 bungkus
|
Rp. 2.000/bungkus
|
Rp. 2.000,-
|
Susu Kental
|
1 kaleng
|
Rp. 9.000/kaleng
|
Rp. 9.000,-
|
Fermipan
|
1 bungkus
|
Rp. 1.000/bungkus
|
Rp. 1.000,-
|
Garam
|
1 bungkus
|
Rp. 500/bungkus
|
Rp. 500,-
|
Meises
|
1 bungkus
|
Rp. 5.000/bungkus
|
Rp. 5.000,-
|
Kacang
|
¼ kg
|
Rp. 10.000/kg
|
Rp. 2.500,-
|
Pisang
|
2 sisir
|
Rp. 20.000/sisir
|
Rp. 40.000,-
|
Keju
|
1 bngkus
|
Rp. 3.500/bungkus
|
Rp. 3.500,-
|
Coklat Bubuk
|
2 kg
|
Rp. 100.000/bungkus
|
Rp. 200.000,-
|
Total
|
Rp. 330.000
|
Alat Masak
JENIS BARANG
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
TOTAL
|
Tepung terigu
|
5 kg
|
Rp. 10.000,-/kg
|
Rp. 50.000,-
|
Gula Halus
|
2,5 kg
|
Rp. 5.000,-/kg
|
Rp. 12.500,-
|
Telur
|
¼ kg
|
Rp. 18.000/kg
|
Rp. 4.500,-
|
Margarin
|
1 bungkus
|
Rp. 4.000/ bungkus
|
Rp. 4.000,-
|
Baking Powder
|
1 bungkus
|
Rp. 2.000/bungkus
|
Rp. 2.000,-
|
Susu Kental
|
1 kaleng
|
Rp. 9.000/kaleng
|
Rp. 9.000,-
|
Minyak Goreng
|
1 liter
|
Rp. 12.000/liter
|
Rp. 12.000,-
|
Fermipan
|
1 bungkus
|
Rp. 1.000/bungkus
|
Rp. 1.000,-
|
Garam
|
1 bungkus
|
Rp. 500/bungkus
|
Rp. 500,-
|
Meises
|
1 bungkus
|
Rp. 5.000/bungkus
|
Rp. 5.000,-
|
Kacang
|
¼ kg
|
Rp. 10.000/kg
|
Rp. 2.500,-
|
Selai
|
1 bungkus
|
Rp. 10.000/bungkus
|
Rp. 10.000,-
|
Keju
|
1 bngkus
|
Rp. 3.500/bungkus
|
Rp. 3.500,-
|
Total
|
Rp. 116.500,-
|
0 comments:
Post a Comment